PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODEL, MEDIA GAMBAR DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Supriyadi, Bambang (2009) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODEL, MEDIA GAMBAR DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (269Kb)

    Abstract

    Visi reformasi pembangunan dalam rangka penyelamatan dan reformasi kehidupan nasional yang tertera dalam Garis-garis Besar Haluan Negara adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi. Era reformasi membawa dampak di berbagai sektor kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia. Tuntutan akan adanya peningkatan kualitas dalam segala hal adalah sebuah harapan besar yang diinginkan oleh berbagai pihak. Salah satu sektor penting dan sangat mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat adalah sektor pendidikan. Sektor pendidikan diyakini merupakan salah satu pondasi penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia pada khususnya dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Berbagai upaya untuk mewujudkan perbaikan di sektor pendidikanpun dilaksanakan baik melalui kebijakan pemerintah, peningkatan peran serta swasta dan masyarakat dan lainlain. Bergulirnya wacana otonomi daerah juga telah mendukung adanya sebuah peningkatan pendidikan. Dengan adanya kebijakan otonomi daerah tersebut sebagian besar kewenangan pemerintah pusat dilimpahkan ke pemerintah daerah. Konsekwensinya, terjadi disentralisasi pendidikan. Hal ini masuk akal karena sekolah berada di tengah-tengah masyarakat yang lingkungan sosial budayanya berbeda-beda. Kenyataan di lapangan menunjukan keragaman kondisi sekolah dan kemampuan ekonomi masyarakat yang mendukung terselenggaranya sekolah. Menurut Eko Supriyanto (1998:81) menyatakan bahwa “sekolah sebagai lembaga konservasi nilai kemasyarakatan memiliki potensi sosialisasi warganya sehingga sekolah merupakan refleksi masyarakatnya”.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 12 Jul 2013 18:05
    Last Modified: 12 Jul 2013 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2601

    Actions (login required)

    View Item