PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA N 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

A, GALANG NALENDRA (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA N 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (604Kb) | Preview

    Abstract

    Galang Nalendra Apriliawan. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA N 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGFU) dalam pembelajaran bolavoli pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (PEK) yang dilaksanakan dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengan GPAI (Game Performance Assesment Instrument)dan lembar observasi. Dengan hasil perhitungan uji t pada taraf signifikansi 5% dimana t_hitung= -2,318 dan nilai t_tabel yang didapat dari jumlah data – 1 ( n – 1 ) sebesar 2,052. Dengan menggunakan uji dua pihak, kriteria penerimaan hipotesis adalah -t_hitung ≤ -t_(tabel ), dantarafsignifikansi≤ α maka H_0ditolak. Maka -3,129 < -2,052 dan 0,004 < 0,05, jadiH_0 ditolak dan menerima H_a. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan Ada pengaruhpendekatan Teaching Game for Undrestanding terhadap peningkatan hasil belajar bolavoli pada siswa kelas XI SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 diterima. Maka dapat disimpulkan: 1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran Teaching Game for Understanding terhadap hasil belajar bolavoli pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. 2) Besar peningkatan dilihat dari perbandingan hasil rata-rata (mean),terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada nilai pretestdibanding dengan posttest, yaitu nilai posttest sebesar 64,22 dibandingkan dengan nilai prettest sebesar 50,81. Kata Kunci : Teaching Game for Understanding, Keterampilan Bermain Bolavoli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 May 2016 18:38
    Last Modified: 13 May 2016 18:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26008

    Actions (login required)

    View Item