“BIMo-GREEMIST” (BIO-INSEKTISIDA Momordicha Charantia L (PARE) BERBASIS GREEN CHEMISTRY) : INOVASI PEMBERANTASAN HAMA WERENG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN

Sari, Putri Luthfiana and Sari, Putri Puspita and Kumalasari, Avrina (2016) “BIMo-GREEMIST” (BIO-INSEKTISIDA Momordicha Charantia L (PARE) BERBASIS GREEN CHEMISTRY) : INOVASI PEMBERANTASAN HAMA WERENG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (139Kb) | Preview

    Abstract

    Isu perkembangan pertanian organik saat ini telah mendunia. Budidaya tanaman dengan sistem organik tumbuh dengan cepat dalam mengisi sektor ekonomi. Dalam mengembangkan pertanian, pembasmian hama biasa dilakukan petani dengan memberikan pestisida atau insektisida kimia. Namun pemberian insektisida sering tidak berdasarkan keperluan pengendalian hama secara indikatif. Penggunaan insektisida kimia perlu diatur agar tidak digunakan sebagai satu-satunya alternatif pengendalian hama. Salah satu alternatifnya adalah penggunaan senyawa kimia alami yang berasal dari tanaman yang dikenal dengan nama bio-insektisida. Sehingga dengan adanya bio-insektisida yang terbuat dari bahan alami dapat menggantikan insektisida kimia, karena bio-insektisida lebih mudah terurai, tidak mencemari lingkungan dan relatif aman. Salah satu bioinsektisida yang dapat digunakan adalah ekstrak dari buah dan daun tanaman pare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara experimental laboratorium untuk memperoleh hasil kandungan senyawa yang terdapat dalam ekstrak daun dan buah pare. Experimental laboratorium meliputi uji fitokimia, analisis High Performance Liquid Chromatography (HPLC) dan Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Uji fitokimia dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, sulfur, steroid dan triterpenoid. Analisis HPLC dan pengujian KLT dilakukan untuk mengetahui kadar kandungan senyawa dalam ekstrak daun dan buah pare. Serta pengujian langsung terhadap sampel hama wereng untuk mengetahui besarnya potensi dari ekstrak pare untuk dapat dijadikan bio-insektisida. Adapun target luaran dari penelitian ini adalah dapat terciptanya suatu inovasi bio-insektisida yang mampu memberantas hama werang sehingga didapat bio-insektisida yang lebih efektif, efisien dan ramah lingkungan.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 13 May 2016 11:32
    Last Modified: 13 May 2016 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25998

    Actions (login required)

    View Item