OPTIMASI LEMPUNG “AJAIB” ALOFAN DAN LIMBAH SERAT AREN SEBAGAI ADSORBEN LOGAM Fe PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI PATI AREN DI KABUPATEN KLATEN DALAM USAHA MECIPTAKAN ZERO WASTE INDUSTRIES

Fatimah, Nurul and Rahmawati, Putri and Prabawani, Santika Kunti and Tedra, Rizqi Akbar (2016) OPTIMASI LEMPUNG “AJAIB” ALOFAN DAN LIMBAH SERAT AREN SEBAGAI ADSORBEN LOGAM Fe PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI PATI AREN DI KABUPATEN KLATEN DALAM USAHA MECIPTAKAN ZERO WASTE INDUSTRIES. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (177Kb) | Preview

    Abstract

    Pertumbuhan sektor industri yang semakin pesat memberikan dampak negatif bagi lingkungan yaitu semakin meningkatnya limbah yang dihasilkan. Salah satunya yaitu industri tepung aren di Desa Bendo, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Pada kegiatan produksi tepung aren dihasilkan limbah-limbah yang semakin menumpuk dan mencemari lingkungan.Kategori limbah yang dihasilkan dari industri pati aren tersebut yaitu limbah cair dan limbah padat berupa serat aren. Limbah cair yang merupakan hasil buangan dalam proses produksi tepung aren mengandung berbagai zat pencemar yang sudah melebihi standar baku mutu, salah satunya kandungan logam Fe yang cukup tinggi yaitu sebesar 10,5 mg/L. Tingginya kandungan logam Fe pada limbah cair dapat memperburuk kualitas air sumur di area industri pati aren. Dalam upaya mengatasi pencemaran limbah tersebut dilakukan penelitian pembuatan adsorben dengan memanfaatkan limbah serat pati aren yang dikombinasi dengan lempung alofan untuk menjerap logam Fe pada limbah cair industri pati aren. Analisa gugus fungsi pada limbah serat aren dan alofan dilakukan menggunakan Fourier Transform Infrared (FTIR). Pembuatan adsorben dilakukan dengan memvariasi komposisi limbah serat aren/lempung alofan yaitu 100/0, 80/20, 60/40, 50/50, 20/80, 0/100 pada variasi suhu 100, 150, dan 200 0C selama 3 jam.Variasi komposisi dan suhu dilakukan untuk menemukan kondisi optimum adsorben. Proses penjerapan dilakukan dengan metode batch (perendaman) yaitu dengan memasukkan adsorben ke dalam larutan Fe 8 ppm sambil diaduk dengan kecepatan 150 rpm selama 30 dan 60 menit. Filtrat larutan Fe setelah proses penjerapan diuji menggunakan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS) untuk mengetahui konsentrasi ion logam ferrum (Fe2+) yang tidak terjerap oleh penjerap.Berdasarkan hasil uji dapat digunakan untuk menentukan kapasitas jerapan kombinasi serat aren dengan lempung alofan pada logam Fe.Setelah mengetahui komposisi dengan daya jerap paling optimal, maka dapat dilakukan uji daya jerap langsung terhadap limbah cair industri pati aren.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 13 May 2016 11:29
    Last Modified: 13 May 2016 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25997

    Actions (login required)

    View Item