MODIFIKASI LIMBAH PLASTIK POLIPROPILENA DENGAN PATI DARI LIMBAH KULIT PISANG, KITOSAN DAN PECAHAN LIMBAH GENTENG SOKKA MENJADI MATERIAL KOMPOSIT (PP/PATI/KIT/GLIS/MMt) BIODEGRADABLE YANG KUAT DAN TAHAN BAKAR

Prihandoko, Alfian and Widianto, Arif and Pujiasih, Septi and Rahmawati, Nining (2016) MODIFIKASI LIMBAH PLASTIK POLIPROPILENA DENGAN PATI DARI LIMBAH KULIT PISANG, KITOSAN DAN PECAHAN LIMBAH GENTENG SOKKA MENJADI MATERIAL KOMPOSIT (PP/PATI/KIT/GLIS/MMt) BIODEGRADABLE YANG KUAT DAN TAHAN BAKAR. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (208Kb) | Preview

    Abstract

    Limbah polipropilen termasuk sebagai salah satu limbah terbesar penyumbang pencemaran lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut, salah satunya adalah melakukan daur ulang. Akan tetapi, metode tersebut belum bisa mengurangi persentase limbah polipropilen setiap tahunnya meningkat. Oleh karena itu perlu digunakan metode lain dalam memanfaatkan limbah polipropilen yaitu dengan memodifikasinya menjadi material yang berdaya guna tinggi, nilai ekonomis tinggi dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Pemanfaatan polipropilena menjadi komposit polipropilena/selulosa telah banyak dilakukan. Akan tetapi, kelemahan dari material ini adalah rendahnya stabilitas termal. Sehingga perlu dimodifikasi kembali dengan penambahan senyawa anorganik seperti Montmorillonite (MMT) sebagai agen ketahanan termal. Modifikasi kimia dari limbah polipropilena dilakukan dengan penambahan serat selulosa dalam ukuran nano dan Montmorillonite (MMt) melalui proses pelarutan dalam media silena. Untuk mengiinisiasi reaksi polimerisasi digunakan benzoil peroksida. Proses reaksi dilakukan selama 1 jam dengan perbandingan polipropilena: nano selulosa (nS) 7:3 dalam suatu reactor pada suhu 1800C . Adapun penambahan MMT (5, 10, 15 dan 20%) dilakukan untuk meningkatkan ketahanan termal dari material ini. Untuk mengetahui pengaruh dari penambahan nano-selulosa (nS) dan MMT terhadap karakter material hibrid bio-nano komposit polipropilena/nano-selulosa/MMT (PP/nS/MMT) maka perlu dilakukan pengujian seperti FTIR (Fourier Transform Infra Red) untuk menganalisagugus fungsi, Uji Termal dengan TGA (Thermal gravimetric analysis), dan pengujian mekanik dengan UTM (Ultimate Testing Machine). Dengan memodifikasi limbah polipropilena menjadi material hibrid bionano komposit PP/nS/MMT diharapkan material ini akan memiliki nilai guna yang lebih karena sifat mekanik dan termalnya yang tinggi, sehingga dapat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti pengganti plastik kemasan (packaging), hingga dunia otomotif seperti pelapis body mobil, dan jok kendaraan. Selain itu dengan memodifikasi limbah polipropilena tentunya akan membantu mengurangi keberadaan limbah polipropilena yang sudah ada sehingga membantu menurunkan tingkat pencemaran lingkungan.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 13 May 2016 10:50
    Last Modified: 13 May 2016 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25992

    Actions (login required)

    View Item