Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo

P, EDWARD OKTAVIAN W (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (948Kb) | Preview

    Abstract

    Konversi lahan pertanian adalah salah satu fenomena perubahan lahan pertanian menjadi non pertanian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi keputusan petani mengkonversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian yang terjadi di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan alat analisis regresi linier berganda dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian. Data yang digunakan adalah populasi dari petani yang melakukan konversi lahan di Kecamatan Bulu yaitu 60 Kepala Keluarga dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei dan wawancara untuk mengetahui faktor – faktor lain yang mempengaruhi konversi lahan yang terjadi di Kecamatan Bulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat lima hal yang mempengaruhi konversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian. Yaitu : 1) pendapatan, 2) tingkat pendidikan, 3) pengalaman bertani, 4) jumlah tanggungan keluarga 5) usia. Luas konversi lahan di Kecamatan Bulu masih tergolong kecil, dan diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Saran yang diberikan adalah perlu adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat mengenai konversi lahan sebelum petani melakukan kegiatan alih fungsi lahan, dan juga wawasan tentang pertanian berkelanjutan. Mempertahankan lahan pertanian yang masih ada, dengan dukungan dari pemerintah setempat terkait pengelolaan lahan yang lebih produktif dan wawasan tentang alih fungsi lahan. Masyarakat dengan pendapatan rendah, disarankan agar menjual lahan kepada pihak lain, dan membeli lahan pertanian baru yang lebih murah dan produktif. Pemerintah harus bertindak tegas kepada masyarakat yang melakukan konversi lahan secara illegal. Kata kunci : Faktor yang mempengaruhi, Konversi lahan di Kecamatan Bulu, Lahan Pertanian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 12 May 2016 13:03
    Last Modified: 12 May 2016 13:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25984

    Actions (login required)

    View Item