MULTIFUNCTIONAL WATER TREATMENT : OPTIMALISASI PENGOLAHAN LIMBAH HASIL BIODEINKING DARI KORAN BEKAS BERBASIS ULTRAFILTRATION DENGAN FOTOELEKTRO DEGRADASI SISTEM FLOW

Chasanah, Uswatul and Afifah, Elsanty Nur and Fadillah, Ganjar and Hidayat, Rahmat (2016) MULTIFUNCTIONAL WATER TREATMENT : OPTIMALISASI PENGOLAHAN LIMBAH HASIL BIODEINKING DARI KORAN BEKAS BERBASIS ULTRAFILTRATION DENGAN FOTOELEKTRO DEGRADASI SISTEM FLOW. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (93Kb) | Preview

    Abstract

    Berkurangnya sumber bahan baku industri pulp dan kertas yang berasal dari sumber serat alam (virgin pulp) serta maraknya isu pemanasan global akibat berkurangnya luas hutan sebagai paru-paru dunia, telah mendorong industri pulp dan kertas untuk mencari sumber bahan baku nonkayu atau yang lebih dikenal dengan serat sekunder. Salah satu sumber kertas yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber serat sekunder adalah koran bekas. Hal ini dikarenakan kertas koran merupakan merupakan salah satu jenis kertas yang banyak digunakan sebagai media masa cetak yang diterbitkan setiap hari dengan jumlah yang besar dan setelah dibaca biasanya langsung dibuang. Salah satu proses dalam daur ulang kertas koran yang sedang dikembangkan saat ini adalah biodeinking. Proses tersebut merupakan salah satu proses penghilangan tinta menggunakan enzim dari bakteri. Akan tetapi hasil dari proses biodeinking tersebut masih menghasilkan limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) yang mengandung partikel zat warna tinta dan bakteri patogen. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk pengolahan limbah B3 tersebut. Salah satu pengolahan yang mungkin dikembangkan adalah dengan degradasi fotoelektrokatalitik. Degradasi fotoelektrokatalitik merupakan reaksi degradasi yang melibatkan cahaya (foton), katalis dan aliran listrik secara bersama-sama sehingga dapat meningkatkan mobilitas dari elektron tereksitasi pada fotokatalis. Dengan adanya elektron tereksitasi tersebut mampu menguraikan partikel zat warna tinta sekaligus bakteri yang terdapat dalam limbah sehingga pengolahan limbah lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara experimental laboratorium untuk memperoleh limbah hasil biodeinking dari kertas koran serta material elektroda untuk proses degradasi limbah. Karakterisitik material meliputi XRD (X-ray Difraction) untuk mengetahui struktur kristal material, TEM (Tranmission Electron Microscope) untuk mengetahui morfologi material, FTIR (Fourier Transform Infra Red) untuk mengetahui ikatan dari komposit material. Sedangkan karakterisasi pengujian degradasi digunakan spektroskopi UV-Vis untuk mengetahui perubahan warna dari limbah serta secara mikrobiologi dengan metode perhitungan jumlah bakteri (PJB) untuk mengetahui jumlah bakteri dari limbah. Dengan membandingkan perubahan warna dan jumlah bakteri sebelum dan sesudah degradasi maka efisiensi dari degradasi limbah dapat ditentukan. Adapun target luaran dari penelitian ini adalah dapat terciptanya suatu sistem pengolahan limbah yang mampu mendegradasi partikel zat warna sekaligus bakteri secara sekaligus dalam campuran limbah sehingga pengolahan limbah akan menjadi lebih ekonomis, efektif dan efisien.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 11 May 2016 16:39
    Last Modified: 11 May 2016 16:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25974

    Actions (login required)

    View Item