PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO

SUTINAH, (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (702Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sutinah. K4310082. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA I SMA NEGERI I BANYUDONO. Skripsi. Surakarta, Desember 2015. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan proses sains siswa (KPS) pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Banyudono dengan penerapan model discovery learning pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Banyudono. Data diperoleh melalui metode non tes, yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan discovery learning meningkatkan KPS siswa di kelas XI IPA I SMA Negeri I Banyudono. Peningkatan capaian indikator KPS untuk Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II berturut-turut pada setiap aspek adalah : aspek mengamati (57,95%, 78,00%, 87,00%); aspek mengajukan pertanyaan (51,72%, 66,00%, 78,00%); aspek berhipotesis (41,38%, 61,40%, 69,00); aspek memprediksi ( 51,72%, 69,00%, 78,00%); aspek interpretasi (51,72%, 69,80%, 78,00%); aspek mengkomunikasikan(57,75%, 59,00%, 77,00%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan KPS siswa di kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Banyudono pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : KPS, discovery learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 11 May 2016 11:32
    Last Modified: 11 May 2016 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25959

    Actions (login required)

    View Item