IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD N 4 KARANGREJO KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUDARWATI, (2016) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD N 4 KARANGREJO KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (659Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sudarwati. S811308038. Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SDN 4 Karangrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, March 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI di SDN 4 Karangrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. (2) Proses pembelajaran IPA yang menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI di SDN 4 Karangrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. (3) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. (4) Kendala penerapan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran IPA bagi siswa kelas VI SDN 4 Karangrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Fokusnya adalah penggambaran secara menyeluruh tentang perencanaan, proses, keaktifan, kendala, dan prestasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI di SDN 4 Karangrejo Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan penggunaan dokumen. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 4 Karangrejo. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pada tahap perencanaan, guru mempersiapkan perangkat pembelajaran di awal semester yang meliputi prota, promes, silabus, RPP, materi, dan media pembelajaran. Adapun penyusunan perencanaan pembelajaran secara mandiri dan sharing dengan rekan guru kelas lainnya dengan tujuan perencanaan pembelajaran untuk mengefektifkan guru dalam proses pembelajaran IPA, (2) Guru Kelas VI memulai pembelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar yang ada dalam silabus dan RPP, guru memulai pembelajaran dengan berdoa, mengabsen, menanyai materi pelajaran periode yang lalu dan menjelaskan metode pembelajaran serta topic pelajaran yang akan disampaikan. (3) Guru kelas memantau keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan implementasi metode mind mapping. (4) Kendala yang terjadi pada perencanaan adalah kemampuan untuk mengembangkan indikator dan lembar kerja, dimana masih perlu bimbingan lebih lanjut oleh kepala sekolah. Adapun pada pelaksanaan pembelajaran kendala yang terjadi adalah faktor internal guru dalam membuat bentuk visual materi dan faktor eksternal yaitu kemampuan awal siswa dan referensi, sedangkan kendala pada keaktifan siswa antara lain beberapa siswa masih belum aktif dalam pembelajaran karena didominasi oleh siswa tertentu. (5) Prestasi belajar siswa meningkat sebagai dampak pelaksanaan model mind mapping. Kata kunci: implementasi, metode mind mapping, pembelajaran IPA ABSTRACT Sudarwati. S811308038. Implementation Method of Mind Mapping in Learning Science Student Class VI SDN 4 Karangrejo District of Grobogan Grobogan Regency in Academic Year 2013/2014. Thesis. Graduate Program Sebelas Maret University of Surakarta, Maret 2016. This study aims to determine (1) Planning application of mind mapping learning model in teaching science to students from the sixth grade at SDN 4 Karangrejo District of Grobogan Grobogan Regency. (2) The process of learning science is applying the learning model mind mapping in teaching science to students from the sixth grade at SDN 4 Karangrejo District of Grobogan Grobogan Regency. (3) The active participation by students in participating in learning science by applying the learning model mind mapping. (4) Constraints application of mind mapping learning model in the science teaching for students of classes VI SDN 4 Karangrejo District of Grobogan Grobogan Regency. This research is descriptive qualitative. The focus is the depiction of the overall planning process, liveliness, constraints, and student achievement in the application of mind mapping learning model in teaching science to students from the sixth grade at SDN 4 Karangrejo Grobogan Regency. The methods used to collect the data are interviews, observations, and use documents. The experiment was conducted in classes VI SDN 4 Karangrejo. The results showed (1) At the planning stage, teachers prepare learning device at the beginning of the semester that includes prota, promissory notes, syllabi, lesson plans, materials, and instructional media. As for the preparation of lesson plans independently and sharing with fellow teachers of other classes with the goal of learning plan to streamline the teacher in the process of learning science, (2) Master Class VI start learning with reference to the Competency Standards / Basic Competence contained in the syllabus and lesson plans, teachers begin learning to pray, taking attendance, asking the subject matter ago period and describes the methods of learning and teaching topics that will be delivered. (3) The class teachers monitor student activity in science learning with mind mapping method implementations. (4) The constraints that occur in planning is the ability to develop indicators and worksheets, which still need further guidance by the school principal. As for the implementation of learning obstacles that occur are the internal factors of teachers in making a visual form of material and external factors is the ability of students and the beginning of reference, while constraints on the involvement of the student, among others, some students still active in learning because it is dominated by certain students. (5) Student achievement increases as the impact of the implementation of the model of mind mapping. Keywords: implementation, mind mapping methods, learning science

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 11 May 2016 11:23
    Last Modified: 11 May 2016 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25957

    Actions (login required)

    View Item