PELET SUPER ORGANIK (PeSO-Bio)” USAHA PEMBUATAN PELET IKAN ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI PROMOSI KONSEP HIJAU (GREEN EARTH)

HAYUNINGTYAS, WINDA and TRI WIBOWO, MUHAMMAD DIORIZKY and KARIM, RIDWAN and JAYANTI, LAELA DWI (2016) PELET SUPER ORGANIK (PeSO-Bio)” USAHA PEMBUATAN PELET IKAN ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI PROMOSI KONSEP HIJAU (GREEN EARTH). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview

    Abstract

    Tingginya permintaan pakan ikan (pelet ikan) di Surakarta belum mampu diimbangi dengan harga pelet ikan yang mahal dan kurang berkualitas. Umumnya, pelet ikan yang ada saat ini tidak memiliki nutrisi yang mampu menunjang pertumbuhan ikan. Selain itu, para produsen pelet ikan yang ada tidak memperhatikan dampaknya terhadap kelestarian lingkungan serta keberlangsungan makhluk hidup lain sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan baik air, udara, maupun tanah karena sulit terdegradasi oleh mikroba pengurai. Pelet Super Organik (PeSO-Bio) merupakan suatu inovasi pelet ikan yang memanfaatkan gulma dan hama berupa kangkung air, bayam, keong mas, dan mikroba pengurai sehingga selain mampu menciptakan produk bernilai jual tinggi, juga mampu mengurangi populasi gulma dan hama yang tumbuh di sekitar lahan pertanian. Usaha ini akan dilaksanakan di daerah Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo dengan jumlah modal Rp 12.280.000,- yang digunakan untuk biaya peralatan, bahan habis pakai, transportasi dan biaya lain-lain. Proses produksi di mulai dengan mencacah bahan baku dan difermentasi dengan bakteri pengurai kemudian di jemur lalu digiling. Selanjutnya bahan baku halus dicampur untuk dicetak menjadi bentuk butir dan dikeringkan. Setelah kering, pelet siap untuk dikemas dan dipasarkan. Satu siklus produksi mampu menghasilkan PeSO-Bio sebanyak 50 kg dan dalam 3 bulan mampu memproduksi 1200 kg. PeSO-Bio yang sudah dikemas langsung dijual kepada pembudidaya ikan dengan langkah awal menjalin kerjasama dengan koperasi kelompok pembudidaya ikan di Sukoharjo dan Klaten. Harga jual PeSO-Bio adalah Rp 10.000,-/kg dengan asumsi keuntungan Rp 5.000,-/kg. Usaha ini layak untuk dilaksanakan karena memiliki nilai Revenue Cost Ratio sebesar 1,96. Untuk menunjang perkembangan usaha langkah selanjutnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa kelompok pembudidaya ikan di karesidenan Surakarta serta toko-toko penjual pakan ikan. Media promosi yang akan digunakan berupa media cetak (brosur dan pamflet) dan media online (facebook, blog, dan website).

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 11 May 2016 00:34
    Last Modified: 17 Mar 2017 11:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25944

    Actions (login required)

    View Item