PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELOMPOK TANI WANITA ANGGREK DESA ANGGRASMANIS, KECAMATAN JENAWI, KABUPATEN KARANGANYAR MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH JAHE CELUP SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS DESA WISATA CANDI CETHO

Patriyani, Astira and Mugiyanto, Yaguar Nobel and Sulthanah, Gayatri Zahra (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELOMPOK TANI WANITA ANGGREK DESA ANGGRASMANIS, KECAMATAN JENAWI, KABUPATEN KARANGANYAR MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH JAHE CELUP SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS DESA WISATA CANDI CETHO. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (66Kb) | Preview

    Abstract

    Program kreativitas mahasiswa yang kami ajukan saat ini adalah program kreativitas mahasiswa pengabdian kepada masyarakat. Program ini menitikberatkan pemberdayaan masyarakat kelompok tani wanita Anggrek di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Pelaksanaan program ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan kerjasama antara Tim dalam Kelompok Tani Wanita Anggrek dalam mengolah hasil pertanian yang mereka budidayakan yakni produk jahe tersebut, meningkatkan pengetahuan pada Kelompok Tani Wanita Anggrek tentang cara pemanenan, dan pengawetan jahe pasca panen, meningkatkan keterampilan pada Kelompok Tani Wanita Anggrek tentang cara pembuatan serbuk jahe, pengaturan komposisi serbuk jahe dan gula dan cara penggunaan kertas osmosis dalam pembuatan jahe celup sehingga dapat memberikan nilai tambah pada produk jahe tersebut, meningkatkan keterampilan tambahan kepada Kelompok Tani Wanita Anggrek untuk mampu membuat buku besar perusahaan. Kegiatan ini dirancang dengan metode sosialisasi dan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 10 May 2016 23:27
    Last Modified: 10 May 2016 23:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25931

    Actions (login required)

    View Item