Penggunaan Metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

AYUNITA C, (2016) Penggunaan Metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ayunita Cahyaningrum. 2016. PENGGUNAAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK. Teknik analisis data Stuctural Equation Modelling (SEM) menjelaskan secara menyeluruh hubungan antar variabel yang ada dalam penelitian, menguji kecocokan suatu model dan pengujian rangkaian hubungan secara simultan. SEM didasarkan pada kemampuan mengestimasi hubungan antar variabel, kemampuan menggambarkan pola hubungan antar variabel indikator dan lebih akurat. Variabel dependen meliputi kesiapan siswa dalam menghadapi UN, dan nilai UN siswa. Variabel independen yaitu kepemimpinan kepala sekolah, pembelajaran guru, dan dukungan orang tua siswa. Data hasil UN siswa kelas IX pada tahun pelajaran 2013/2014 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, pembelajaran guru dan dukungan orang tua terhadap kesiapan siswa serta dampaknya terhadap hasil UN. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil UN; kepemimpinan kepala sekolah, pembelajaran guru dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap kesiapan siswa; kesiapan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil UN; kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap hasil UN dan kepemimpinan kepala sekolah, pembelajaran guru dan dukungan orang tua berpengaruh tidak langsung terhadap hasil UN. Kata Kunci : Stuctural Equation Modelling (SEM), kepemimpinan kepala sekolah, pembelajaran guru, dukungan orang tua siswa, kesiapan siswa, hasil UN SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 10 May 2016 19:51
    Last Modified: 10 May 2016 19:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25913

    Actions (login required)

    View Item