meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui metode bilingual pada anak kelompok A TK Tadika Puri Tahun ajaran 2015/2016

INEZA W, AYUDANTI (2016) meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui metode bilingual pada anak kelompok A TK Tadika Puri Tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (306Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok A TK Tadika Puri Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 12 anak kelompok A TK Tadika Puri Surakarta dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan kosakata bahasa Inggris anak pada setiap siklus. Sebelum tindakan, terdapat 4 anak atau 33.33% yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I, anak yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 58,33% atau 7 anak, pada siklus II anak yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 91,67% atau 11 anak.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bilingual dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak Kelompok A TK A TK Tadika Puri Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: bibid widodo
    Date Deposited: 10 May 2016 19:45
    Last Modified: 10 May 2016 19:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25912

    Actions (login required)

    View Item