EVALUASI MEDAN UNTUK ANALISIS KERUSAKAN JALUR JALAN SURAKARTA – PURWODADI DI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2007

Riyadi, (2007) EVALUASI MEDAN UNTUK ANALISIS KERUSAKAN JALUR JALAN SURAKARTA – PURWODADI DI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2007. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyadi. EVALUASI MEDAN UNTUK ANALISIS KERUSAKAN JALUR JALAN SURAKARTA–PURWODADI DI KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2007. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1). Mengetahui satuan medan di daerah penelitian (2). Mengetahui kelas kesesuaian medan untuk jalur jalan di daerah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan medan sebagai kajian utama. Sampel berupa satuan medan yang ditentukan berdasarkan hasil tumpang susun Peta Bentuklahan, Peta Tanah, Peta Lereng dan Peta Penggunaan lahan. Data primer dikumpulkan dengan cara survei lapangan yang disertai dengan analisis laboratorium dan data sekunder dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling, yaitu satuan medan sebagai satuan analisis yang ditentukan berdasarkan tujuan. Teknik analisis data dengan cara pengharkatan (scoring) terhadap sifat dan karakteristik medan yang berupa: (1) Topografi yang mencakup: kemiringan lereng dan Penjang lereng, (2) Batuan yang mencakup: indeks keausan batuan, indeks beban titik dan struktur lapisan batuan,(3) Tanah yang mencakup: tekstur tanah, kelompok tanah, kadar air, angka pori, permeabilitas tanah, dan kembang kerut tanah, (4) Proses geomorfologi yang mencakup: erosi dan gerak massa batuan, (5) Hidrologi yang mencakup: jarak antar sungai dan intensitas hujan, (6) Penggunaan Lahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: dari hasil tumpang susun Peta Bentuklahan, Peta Tanah dan Peta Penggunaan Lahan diketahui satuan medan yang ada di daerah penelitian adalah 68 satuan medan. Ada dua kelas kesesuaian medan untuk jalur jalan di daerah penelitian yaitu: Kelas kesesuaian III (cukup sesuai) dan kelas kesesuaian IV (tidak sesuai). Kelas kesesuaian medan III (cukup sesuai) untuk jalan dengan faktor penghambat relief tanah (r), proses geomorfologi (p), dan hidrologi (h) dengan luas 570,123 ha, atau 11,03% dari luas seluruh daerah penelitian. Kelas kesesuaian medan IV (tidak sesuai) untuk jalan dengan faktor penghambat relief (r), geologi (g), tanah (t), proses (p), hidrologi (h), dan penggunaan lahan (pl) dengan luas 1.006,773 ha, atau 19,46% dari seluruh daerah penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Saputro Bagus
Date Deposited: 12 Jul 2013 17:52
Last Modified: 12 Jul 2013 17:52
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item