UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK FUNGSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

KRISTYANI, KUNTHI (2016) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK FUNGSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (792Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Kunthi Kristyani. UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK FUNGSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPEATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan keaktifan dan pestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Surakarta dan mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data keaktifan siswa dan data prestasi belajar. Untuk mengumpulkan data keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa digunakan metode observasi, sedangkan untuk data prestasi belajar dengan metode tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 75% dari jumlah total siswa mencapai kategori keaktifan belajar tinggi dalam pembelajaran matematika dan setidaknya 75 % siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 dan nilai rata-rata kelasnya lebih dari atau sama dengan 75. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan keaktifan prestasi belajar matematika siswa adalah : 1) Kegiatan Pendahuluan, yaitu a) Guru memberikan salam dan melakukan presensi serta menyampaikan apersepsi b) Guru menyampaikan tujuan yang harus dicapai pada pertemuan saat itu dan guru menyampaikan motivasi pada siswa. c) Guru memberitahukan model pembelajaran yang akan digunakan yakni model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) dan menjelaskan aturan main dari NHT 2) Kegiatan Inti, yaitu Tahap penyajian informasi, guru menjelaskan garis besar materi. Tahap numbering, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota setiap kelompok 4-5 orang secara heterogen dan memberi nomor (1-5) pada masing-masing anggota kelompok secara acak. Tahap questioning, guru memberikan pertanyaan pada siswa seperti yang tertuang dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) dan memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang kurang dimengerti. Setelah itu guru meminta siswa untuk memulai mengerjakan LKS secara berkelompok. Tahap heads together, siswa melakukan diskusi bersama anggota kelompoknya masing-masing dan mempersiapkan diri pada kegiatan selanjutnya yakni pada kegiatan answering. Guru memandu jalannya diskusi dan membantu siswa apabila terjadi kesulitan. Guru memotivasi siswa untuk tidak putus asa dalam menyelesaikan LKS dan membantu siswa bila terjadi kesulitan. Tahap answering siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan cara guru memanggil satu nomor dan siswa dengan nomor yang sesuai mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas sementara siswa dengan nomor yang sesuai lainnya menanggapi hasil presentasi (2 orang mempresentasikan dan sisanya menanggapi). Setelah itu guru membahas hasil pekerjaan siswa dan memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan tentang suatu hal yang belum dimengerti. Begitu seterusnya hingga seluruh nomor terpanggil. 3) Penutup, a) siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. b) guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang teraktif. c) guru mengadakan kuis secara individu. Berdasarkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) keaktifan siswa kategori tinggi mengalami peningkatan dari 56,25% pada prasiklus menjadi 70,31% pada siklus I dan menjadi 81,25% pada siklus II. Untuk prestasi belajar matematika, persentase siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari 53,13% pada prasiklus menjadi 62,5% pada siklus I dan menjadi 78,13% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mngalami peningkatan dari 66,625 pada prasiklus menjadi 72,875 pada siklus I dan menjadi 76,25 pada siklus II Kata Kunci : NHT (Numbered Heads Together), keaktifan belajar, prestasi belajar matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fauzi ahmad
    Date Deposited: 10 May 2016 19:36
    Last Modified: 10 May 2016 19:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25905

    Actions (login required)

    View Item