Festival Layangan Karya Anak Jalanan Program Penanaman Keterampilan dan Kreativitas untuk Mengangkat Citra Anak Jalanan serta mewujudkan Potensi Sumber Daya Manusia di Indonesia

Lestari, Dina Wahyu and Maharany, Anggraeny Suci and Kusrini, Ayu Sinta and Maftukharrizqoh, Olivia (2016) Festival Layangan Karya Anak Jalanan Program Penanaman Keterampilan dan Kreativitas untuk Mengangkat Citra Anak Jalanan serta mewujudkan Potensi Sumber Daya Manusia di Indonesia. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (146Kb) | Preview

    Abstract

    Anak jalanan merupakan fenomena nyata dalam kehidupan yang menimbulkan permasalahan social secara kompleks dilihat dari segi pandang social kemasyarakatan. Keberadaan anak jalanan sering kali tidak mendapatkan respon positif oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama masyarakat awam. Anak jalanan selalu identik dengan anggapan anak-anak brutal dan bermoral buruk. Kehadiran anak jalanan tidak terlepas dari keberadaan kota-kota besar. Faktor yang sangat signifikan terhadap peningkatan jumlah anak jalanan adalah kemiskinan. Aktivitas yang sering terlihat yakni mengemis dan mengamen. Berbagai cara penyelesaian ditempuh pemerintah untuk menuntaskan permasalahan anak jalanan tersebut, namun hasilnya yang nihil dan diluar jangkauan. Razia yang selama ini diterapkan pemerintah, bukan solusi terbaik. Mengingat bertambahnya populasi anak jalanan, perlu diadakan pemberdayaan solusi yang tepat. Pemberdayaan anak jalanan tidak cukup hanya diberikan stimulan berupa uang dan makan yang cukup, tetapi harus diberikan kail untuk meningkatkan kemampuan keterampilannya. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa ini kami mengajukan solusi terkait pemberdayaan anak jalanan. Program ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan keterampilan dan kreativitas anak jalanan dengan membuat layangan, di mana kita tahu layang-layang adalah salah satu seni dan budaya di Indonesia yang orang tahu hanya sekedar mainan belaka. Tidak hanya diberi pelatihan saja, namun hasil kreasi layang-layang mereka akan dihelakkan festival. Festival ini terbuka untuk umum, sehingga diharapkan dapat membuka mata masyarakat untuk tidak selalu memandang buruk anak jalanan. Di samping festival ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat, juga sebagai sarana memperkenalkan seni budaya Indonesia. Festival layangan karya anak jalanan ini, diharapkan dapat mengubah mind set mereka tentang anak jalanan serta mendorong masyarakat untuk lebih berinovatif. Dengan begitu, menjadikan bukti kepada dunia bahwa Indonesia, selain sumber daya alamnya yang kaya, potensi sumber daya manusianya pun hebat.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 15:39
    Last Modified: 10 May 2016 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25875

    Actions (login required)

    View Item