PENGUKURAN FREKUENSI GETARAN PADA BANDUL MATEMATIS BERBASIS SERAT OPTIK AKIBAT MAKRO BENDING SEBAGAI MODELISASI SENSOR KETAHANAN JEMBATAN GANTUNG

Gianti, Mahmudah Salwa and Wijaya, Agung Dwi and Berliandika, Suryaning (2016) PENGUKURAN FREKUENSI GETARAN PADA BANDUL MATEMATIS BERBASIS SERAT OPTIK AKIBAT MAKRO BENDING SEBAGAI MODELISASI SENSOR KETAHANAN JEMBATAN GANTUNG. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (22Kb) | Preview

    Abstract

    Teknologi transportasi di Indonesia semakin berkembang, contohnya pada transportasi darat. Untuk mempermudah manusia dalam penyebrangan antar daratan atau dalam konteks wilayah geografis Indonesia yaitu antar pulau maka dibangun jembatan gantung. Jembatan gantung tentunya memiliki batas ketahanan yang sudah seharusnya dikontrol untuk menghindari terjadinya kerusakan secara dini, sehingga dapat mengurangi jumlah korban apabila terjadi kerusakan pada jembatan. Sensor getaran berbasis serat optik ini merekam getaran yang terjadi pada bandul matematis sebagai modelisasi sensor ketahanan jembatan gantung. Intensitas terukur dari pemantulan sempurna pada serat optik akan berkurang dikarenakan loss akibat pembengkokan serat optik tersebut, sehingga intensitasnya berkurang. Perubahan intensitas ini diterima oleh detektor fotodioda pada ujung fiber optik. Berdasarkan getaran yang mengakibatkan respon sinyal rugi-rugi, diteruskan ke function generator sehingga dapat diterjemahkan menjadi bentuk gelombang dan akan terekam sejarah getaran yang berhubungan dengan kondisi struktur jembatan.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 15:15
    Last Modified: 10 May 2016 15:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25870

    Actions (login required)

    View Item