ANALISIS PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH DENGAN CALON TUNGGAL TERKAIT PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 100/PUU-XIII/2015 DITINJAU DARI HAK KONSTITUSIONAL WARGA NEGARA UNTUK MEMILIH

PRADITOMO, RIZQIAWAN WISNU (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH DENGAN CALON TUNGGAL TERKAIT PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 100/PUU-XIII/2015 DITINJAU DARI HAK KONSTITUSIONAL WARGA NEGARA UNTUK MEMILIH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (416Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan calon tunggal terkait putusan Mahkamah Konstitusi ditinjau dari hak konstitusional warga negara untuk memilih. Dalam penulisan ini penulis akan memecahkan masalah mengenai mekanisme pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan calon tunggal dan menganilisis pelaksanaan pemilihan kepala daerah ditinjau dari pemenuhan hak konstitusional warga negara untuk memilih. Penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif atau biasa disebut dengan penelitian hukum doktrinal yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Bahan hukum primer terdiri dari perundang-undangan, catatan catatan resmi, risalah dalam pembuatan peraturan perundang-undangan dan putusan putusan hakim. Adapun bahan hukum sekunder berupa semua publikasi tentang hukum yang bukan merupakan dokumen-dokumen resmi. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa pasca putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 100/PUU-XIII/2015 terdapat mekanisme yang baru dalam pemilihan kepala daerah dengan calon tunggal yaitu dengan memilih “setuju” ataupun “tidak setuju” terhadap calon tunggal kepala daerah. Pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut bertujuan untuk memenuhi hak konstitusional warga negara untuk memilih.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 15:03
    Last Modified: 10 May 2016 15:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25868

    Actions (login required)

    View Item