TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA TERHADAP JAMINAN FIDUSIA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Wates Nomor: 109/Pid.Sus/2014/PN.Wat)

PAWITRI, ROSIANI NITI (2016) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA TERHADAP JAMINAN FIDUSIA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Wates Nomor: 109/Pid.Sus/2014/PN.Wat). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (285Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan mengenai tindak pidana terhadap jaminan fidusia dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia dan penerapannya melalui pertimbangan hakim dalam perkara tindak pidana terhadap jaminan fidusia. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan perundang-undang dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme yang menggunakan pola berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaturan terkait tindak pidana terhadap jaminan fidusia hanya diatur dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia pada Pasal 35 dan Pasal 36. Perbuatan yang termasuk kategori tindak pidana terhadap jaminan fidusia adalah sengaja melakukan pemalsuan hingga terciptanya sertifikat jaminan fidusia; dan pengalihan objek jaminan fidusia tanpa persetujuan tertulis dari penerima fidusia. Selanjutnya, perkara tindak pidana pengalihan objek jaminan fidusia tanpa persetujuan tertulis dari penerima fidusia dalam Putusan Pengadilan Negeri Wates nomor: 109/Pid.Sus/2014/PN.Wat ini pertimbangan hukum oleh hakim dalam tindak pidana terhadap jaminan fidusia yang dilakukan pelaku telah sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 15:07
    Last Modified: 10 May 2016 15:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25867

    Actions (login required)

    View Item