Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Gambar Seri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016

RINA, (2016) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Gambar Seri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (429Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri; (2) meningkatkanhasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 5 Kebumen; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kebumen tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data berupa deskriptif kualitatif yaitu menganalisis penerapan model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri yaitu hasil pengamatan observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa dan deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis hasil belajar IPSyaitu nilai siswa dari mengerjakansoal pada lembar evaluasi. Hasil penelitian ini adalah (1) langkah-langkah model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri yaitu: (a) penyampaian tujuan; (b) penyampaian materi dengan gambar dan pencatatan; (c) pembentukan kelompok; (d) penentuan ide sentral dengan gambar; (e) penentuan gagasan yang berhubungan dengan ide sentral dengan gambar; (f) penghubungan ide sentral dengan gagasan setiap gambar berupa garis lengkung; (g) presentasi hasil diskusi kelompok; (h) penguatan dan kesimpulan; dan (i) penutup, (2) penerapan model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kebumen tahun ajaran 2015/2016 yaitu, persentase ketuntasan siswa pada siklus I 70,4%,siklus II 90,18%,dan siklus III 90,48%. Kendala yang muncul yaitu guru kurang mengajak siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya dan tidak mengontrol kegiatan siswa pada saat penyimpulan materi. Solusi dari kendala tersebut yaituguru sebaiknya memancing siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya dan mengontrol kegiatan dengan berjalan mengitari tempat duduk siswa untuk memastikan semua siswa menyimpulkan materi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping dengan gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kebumen tahuan ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 14:39
    Last Modified: 10 May 2016 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25861

    Actions (login required)

    View Item