PENGEMBANGAN E-LEARNING GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN 2015/2016

HIDAYATI, RIDA (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (117Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan E-Learning Geografi berbasis web di SMA N 2 Karanganyar, 2) Untuk mengetahui penerapan E-learning Geografi berbasis web dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan spatial ability peserta didik di SMA N 2 Karanganyar dan 3) Untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan E-Learning Geografi berbasis web di SMA N 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan berupa metode research and development (R&D). Teknik sampling yang digunakan berupa proporsional random sampling dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, pendidik, angket ujicoba, observasi, pre-test dan post-test serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) pengembangan E-Learning Geografi berbasis Web dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah dikarenakan berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, pendidik, ujicoba produk diperoleh masing-masing dengan skor modus 4 (kategori baik dalam Skala Likert) yang telah memenuhi syarat dari batas minimal kelayakan E-Learning Geografi skor modus 3 (kategori cukup dalam skala Likert) sebagaimana telah ditentukan peneliti. 2) Untuk penerapan media pembelajaran E-learning Geografi berbasis web terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik ditunjukkan dengan peningkatan pre-test dan post-test sebesar 48%. Untuk hasil pengamatan kemampuan spatial ability peserta didik juga mengalami peningkatan. Nilai spatial ability peserta didik pada hasil post-test telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 75%. 3) Tingkat efektivitas E-Learning Geografi berbasis Web untuk meningkatkan hasil belajar dan Spatial Ability diukur dengan pengujian normalitas dengan menggunakan program SPSS 22 for windows dengan menggunakan uji Shapiro Wilk dan uji nonparametrik Mann Whitney berdistribusi tidak normal. Dari uji Mann Whitney didapatkan nilai sig.(1-pihak) yang diperoleh lebih kecil dari = 0,05, sehingga Ho ditolak. Artinya penggunaan media pembelajaran E-learning yang menggunakan E-learning Geografi berbasis Web lebih efektif dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan E-learning berbasis Moodle.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 14:31
    Last Modified: 10 May 2016 14:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25859

    Actions (login required)

    View Item