Hubungan Karakteristik Pekerja dan Perilaku Pekerja Terpapar Bahan Kimia dengan Gejala ISPA di Industri Kuku Palsu Purbalingga.

Kurniasih, Oktavera Tri (2016) Hubungan Karakteristik Pekerja dan Perilaku Pekerja Terpapar Bahan Kimia dengan Gejala ISPA di Industri Kuku Palsu Purbalingga. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (196Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Pekerja industri kuku palsu berpotensi terpapar bahan kimia yang dapat mengiritasi saluran pernapasan. Iritasi saluran pernapasan dapat mempermudah terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Karakteristik pekerja dan perilaku pekerja mempengaruhi terjadinya ISPA pada pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pekerja dan perilaku pekerja terpapar bahan kimia dengan gejala ISPA di industri kuku palsu Purbalingga. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di industri kuku palsu Purbalingga pada bulan November-Desember 2015 dengan sampel sebanyak 80 pekerja terdiri dari 48 pekerja bagian injection dan 32 pekerja bagian airbrush. Variabel bebas penelitian ini adalah karakteristik pekerja dan perilaku pekerja. Karakteristik pekerja meliputi jenis kelamin, umur, bagian kerja, masa kerja, dan lama bekerja. Perilaku pekerja meliputi perilaku penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan perilaku merokok. Variabel terikat penelitian ini adalah gejala ISPA. Variabel moderator penelitian ini adalah paparan bahan kimia. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi logistik ganda. Hasil Penelitian: Hasil analisis regresi logistik ganda menunjukkan variabel yang berpengaruh terhadap gejala ISPA adalah lama bekerja (p = 0,000; PR = 13,28) dan umur (p = 0,001; PR = 10,53). Simpulan Penelitian: Lama bekerja dan umur mempengaruhi gejala ISPA pada pekerja terpapar bahan kimia di industri kuku palsu Purbalingga. Kekuatan hubungan lama bekerja lebih besar dari umur. Kata Kunci: Karakteristik pekerja, perilaku pekerja, paparan bahan kimia, gejala ISPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 May 2016 14:36
    Last Modified: 10 May 2016 14:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25858

    Actions (login required)

    View Item