Studi Komparasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Terhadap Preastasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa Pada Materi Koloid SMA N 1 Teras tahun Ajaran 2011/2012

PRANAMAWATI, REFI INDAH (2016) Studi Komparasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen dan Metode Proyek Terhadap Preastasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa Pada Materi Koloid SMA N 1 Teras tahun Ajaran 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (552Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan metode Proyek dan metode Eksperimen terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid. (2) Pengaruh tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar pada materi pokok sistem koloid. (3) Interaksi antara pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan metode Eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2� EMBED Equation.3 ���2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 semester 2 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi kognitif, metode angket untuk prestasi afektif dan keativitas, dan observasi untuk prestasi psikomotor. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama dengan persyaratan uji normalitas dengan uji Liliefors, dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperiman dan proyek terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Sistem Koloid. Hal ini ditunjukkan dari rerata marginal prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran proyek lebih besar dibandingkan pada pembelajaran Eksperimen. Sedangkan berdasarkan aspek psikomotor tidak terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar psikomotor siswa pada materi pokok Sistem koloid. (2) Terdapat pengaruh kreativitas kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem koloid. Siswa yang memiliki kreativitas tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran kooperatif Eksperimen dan proyek dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, maupun psikomotor siswa pada materi pokok Sistem koloid.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 14:12
    Last Modified: 10 May 2016 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25852

    Actions (login required)

    View Item