KEKUATAN PEMBUKTIAN KETERANGAN SAKSI ANAK DIBAWAH UMUR TANPA SUMPAH DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI LUBUK PAKAM NOMOR: 1482/PID.B/2015/PN/LBP)

SUYONO, RATNA JAYANTI (2016) KEKUATAN PEMBUKTIAN KETERANGAN SAKSI ANAK DIBAWAH UMUR TANPA SUMPAH DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI LUBUK PAKAM NOMOR: 1482/PID.B/2015/PN/LBP). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (272Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji secara normatif mengenai kekuatan pembuktian keterangan saksi anak tanpa sumpah dan pertimbangan hakim dalam memutus tindak pidana melakukan kekerasan terhadap anak ditinjau dari asas minimum pembuktian Pasal 183 KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan teknik pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penulisan hukum ini menggunakan metode penalaran deduksi silogisme. Berdasarkan hasil kajian, kasus tindak pidana melakukan kekerasan terhadap anak yang terjadi di Lubuk Pakam dimana terdakwa telah menyelentik dan menjewer korban sehingga korban merasakan kesakitan pada telingan dibagian dalam, dalam hal ini keterangan saksi anak dibawah umur tanpa sumpah mempunyai kekuatan pembuktian sebagai tambahan alat bukti yang sah dan sebagai petunjuk bagi hakim, selanjutnya Pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara tindak pidana melakukan kekerasan terhadap anak telah memenuhi asas minimum pembuktian yang tercantum dalam Pasal 183 KUHAP, dimana telah terdapat alat bukti keterangan saksi yang disumpah diikuti dengan keterangan saksi tanpa disumpah serta terdapat alat bukti surat yang berupa hasil Visum Et Repertum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 14:05
    Last Modified: 10 May 2016 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25851

    Actions (login required)

    View Item