Strategi Pemasaran Tahu Tuna Di Kabupaten Pacitan

DWI K, RATIH (2016) Strategi Pemasaran Tahu Tuna Di Kabupaten Pacitan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (116Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, merumuskan alternatif strategi serta menentukan prioritas strategi yang diterapkan dalam memasarkan produk tahu tuna di Kabupaten Pacitan. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Metode analisis data menggunakan matriks Internal External (IE), matriks Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT), dan matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Hasil penelitian menunjukan kekuatan terbesar pada produk yang dihasilkan memiliki mutu yang baik, kelemahan terbesar pada promosi kurang maksimal, peluang terbesar adalah permintaan meningkat pada musim tertentu, dan ancaman terbesar adalah fluktuasi harga bahan baku ikan tuna. Alternatif strategi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah memanfaatkan musim liburan, acara kebudayaan, dan berbagai kunjungan di instansi pemerintahan dengan bekerjasama antar agroindustri tahu tuna untuk memenuhi permintaan pasar, pemerintah memberi bantuan pengadaan fasilitas pusat penjualan tahu tuna yang mudah dijangkau konsumen terutama pada kawasan wisata di Kabupaten Pacitan, melakukan diversifikasi produk dan kemasan, memperbaiki manajemen pemasaran terkait tenaga kerja pemasaran yang profesional untuk membantu meningkatkan penjualan dan perluasan pasar, menjaga mutu produk serta meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, melakukan strategi harga untuk menjaga loyalitas konsumen, perluasan pemasaran produk melalui media online untuk meningkatkan profit agroindustri, dan agroindustri memperbarui konsep penjualan untuk menarik minat konsumen. Prioritas strategi yang dapat dilakukan oleh agroindustri tahu tuna di Kabupaten Pacitan adalah strategi memperbaiki manajemen pemasaran terkait tenaga kerja pemasaran yang profesional untuk membantu meningkatkan penjualan dan perluasan pasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 14:01
    Last Modified: 10 May 2016 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25849

    Actions (login required)

    View Item