PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

HAETIK, NUR (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (233Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Batik 1 Surakarta dengan jumlah siswa 47 anak. Teknik pengumpulan data utama dilakukan dengan teknik observasi dan tes, sedangkan teknik pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 4 pada setiap siklus. Partisipasi belajar siswa pada pra siklus menunjukkan skor 2,77 dengan siswa yang berpartisipasi aktif sebesar 34,04% meningkat pada siklus I menjadi 3,06 dengan siswa aktif sebesar 59,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 3,37 dengan siswa yang berpartisipasi aktif sebesar 80,85%. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa juga meningkat dari tahap pra siklus sebesar 74,52 meningkat menjadi 79,36 pada siklus I, kemudian meningkat kembali menjadi 84,09 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Partisipasi, Hasil Belajar, Think, Pair and Share (TPS), PTK.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 May 2016 12:59
    Last Modified: 10 May 2016 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25844

    Actions (login required)

    View Item