IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR: 3 TAHUN 1999 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH CAIR (Studi Tentang Instalasi Pengolahan Air Limbah Kota Surakarta di Semanggi)

Prascilia, Novita (2016) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR: 3 TAHUN 1999 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH CAIR (Studi Tentang Instalasi Pengolahan Air Limbah Kota Surakarta di Semanggi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1047Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini berawal dari munculnya pencemaran air sungai Bengawan Solo yang disebabkan oleh pembuangan air limbah rumah tangga tanpa adanya pengolahan air limbah, melihat permasalahan ini maka PDAM melakukan pengolahan air limbah rumah tangga dengan sistem tertutup di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kota Surakarta di Semanggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) rumah tangga Kota Surakarta di Semanggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, dokumen dan arsip, dan gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisi model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sumber daya manusia dalam setiap proses perlu ditingkatkan dengan diadakannya pelatihan, komunikasi yang terjalin didalamnya berjalan cukup baik, pelaksanaan implementasi berjalan sesuai dengan prosedur kerja, dan tingkat kemiringan tanah menjadi permasalahan dalam implementasinya. Kata Kunci: Implementasi, Pengolahan, Air Limbah, Sistem Terpusat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 May 2016 12:46
    Last Modified: 10 May 2016 12:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25843

    Actions (login required)

    View Item