PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Susparini, Ninik Triayu (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (333Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi,(2) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasihasil belajar siswa yang meliputi aspek respon sikap dan aspek keterampilan siswa kelas XI di SMA N 1 Sukoharjo pada materi Termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak melalui teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa dan metode non tes yang meliputi angket,observasi, jurnal guru untuk mengukur hasil belajar aspek respon sikap dan observasi,proyek,laporan untuk mengukur hasil belajar aspek keterampilan. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis multivariat (uji manova). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada perbedaanpengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa, dari hasil uji parametrik Manova, diketahui signifikansi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa 0 ,589 (>0,05 : H0 diterima), (2) tidak ada perbedaanpengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar aspek sikap, namun ada perbedaan untuk aspek keterampilan. Dari hasil uji non parametrik Kruskall-Wallis, diketahui signifikansi hasil belajar aspek sikap 0,574 (>0,05 : H0 diterima)sedangkan hasil uji parametrik Manova, diketahui signifikansi keterampilan 0,000 (<0,05: H0 ditolak) Kata Kunci:Penelitian Eksperimen, Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 10 May 2016 11:41
    Last Modified: 10 May 2016 11:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25826

    Actions (login required)

    View Item