PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC, MIND MAP, DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2015/2016

KHOIRUNNISA, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC, MIND MAP, DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (188Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Khoirunnisa. 2016. S881408006. Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic, Mind Map, dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. TESIS. Pembimbing I: Prof. Sigit Santoso, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Sarwono, M.Pd. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Minat Utama Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic ), mind map, dan ekspositori terhadap hasil belajar geografi, (2) pengaruh pada siswa yang diberi model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic) dan siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar geografi, (3) pengaruh pada siswa yang diberi model pembelajaran mind map dan siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar geografi, (4) pengaruh pada siswa yang diberi model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic ) dengan siswa yang diberi model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2015/2016. Rancangan analisis yang digunakan yaitu 3 x 1 dengan teknik analisis ANAVA satu jalur yang diolah dengan SPSS ver 23. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic ), mind map, dan ekspositori, dengan diperoleh nilai Fhitung = 31,355 dan untuk Ftabel = 2,867, karena Fhitung = 31,255 > Ftabel = 2,867 maka H0 ditolak, (2) terdapat perbedaan hasil belajar geografi pada siswa yang diberi model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic) dengan siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori, dengan diperoleh nilai thitung sebesar 3,750 sedang ttabel sebesar 2,028, artinya nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak, (3) terdapat perbedaan hasil belajar geografi pada siswa yang diberi model pembelajaran mind map dengan siswa yang diberi model pembelajaran ekspositori, dengan diperoleh nilai thitung sebesar 4,944 sedang ttabel sebesar 2,028, artinya nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak, (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang diberi model pembelajaran jembatan keledai (mnemonic ) dengan siswa yang diberi model pembelajaran mind map , dengan diperoleh nilai thitung sebesar 1,194 sedang ttabel sebesar 2,028, artinya nilai thitung < ttabel maka H0 diterima. Kata kunci : mnemonic, mind map, ekspositori, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 10 May 2016 11:30
    Last Modified: 10 May 2016 11:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25823

    Actions (login required)

    View Item