Penggunaan Website dan Pemenuhan Kepuasan (Studi Pengaruh Motif Kognitif, Kepercayaan dan Penggunaan Website UNS terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun Akademik 2015/2016

WAHYU ARYANTI, TETRI (2016) Penggunaan Website dan Pemenuhan Kepuasan (Studi Pengaruh Motif Kognitif, Kepercayaan dan Penggunaan Website UNS terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun Akademik 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (341Kb) | Preview

    Abstract

    Kualitas website UNS berdasarkan perangkingan webometrics dalam setiap periodenya mengalami perubahan. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhinya adalah karena adanya perubahan motif kognitif, kepercayaan dan penggunaan terhadap website UNS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung motif kognitif dan kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengakses website UNS. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dari sepuluh fakultas di Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berstatus aktif pada tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah sampel 395 mahasiswa. Data dianalisis dengan model analisis jalur dengan pengujian hipotesis melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung motif kognitif terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengakses website UNS sebesar 0,504 dan tidak langsung melalui penggunaan sebesar 0,19, pengaruh total sebesar 2,074. Terdapat pengaruh langsung kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengakses website UNS sebesar 2,515, tidak langsung melalui penggunaan sebesar 0,764, pengaruh total sebesar 3,573. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa motif kognitif dan kepercayaan mahasiswa merupakan faktor yang pendukung bagi tercapainya pemenuhan kepuasan terhadap penggunaan website UNS. Pengelolaan website harus senantiasa berorientasi kepada kepuasan pengguna dengan memperhatikan tingkat kebutuhan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi serta kepercayaan terhadap konten website meliputi kelengkapan, ketepatan dan kebaruan informasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 10 May 2016 11:17
    Last Modified: 10 May 2016 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25815

    Actions (login required)

    View Item