Implementasi Metode Toyota Business Practices untuk Perbaikan pada Proses Produksi Karak Tradisional : Studi Kasus di Industri Karak Tradisional Desa Dukuh Mojolaban

FERDIANA, TARA (2016) Implementasi Metode Toyota Business Practices untuk Perbaikan pada Proses Produksi Karak Tradisional : Studi Kasus di Industri Karak Tradisional Desa Dukuh Mojolaban. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (163Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam hal memproduksi karak, faktor cuaca atau iklim sangatlah berpengaruh. Apabila matahari sedang terik proses penjemuran dapat selesai dalam waktu 1 hari. Namun apabila cuaca sedang mendung, maka proses penjemuran karak bisa membutuhkan waktu 2-3 hari. Lamanya waktu produksi yang panjang membuat kualitas karak semakin menurun. Di musim penghujan, produsen karak mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan konsumen karena banyak karak yang tidak kering atau kering dengan kualitas buruk, seperti karak menjadi berjamur. Selain itu, dari segi kualitas geometri karak yang dihasilkan pun tidak seragam. Ketidakseragaman geometri karak tersebut disebabkan oleh cara pemotongan balok yang melintang dengan kemiringan tertentu yang dilakukan secara manual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan Toyota Business Practice untuk memperbaiki produktivitas dan kualitas karak di industri karak tradisional. Penelitian ini mengembangkan framework dari Toyota Business Practices. Selain Toyota Business Practices, pada pengolahan data akan disisipkan juga Seven Tools, dan Fault Tree Analysis dalam framework TBP. Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, dihasilkan beberapa tindakan perbaikan yaitu dengan mengoptimalkan area penjemuran, membuat konsep desain alat bantu pengering karak, dan membuat alat bantu pemotongan yang berupa pisau potong dan jig pemotongan karak. Jadi, Toyota Business Practices yang biasanya di implementasikan pada perusahaan-perusahaan besar khususnya pada perusahaan Toyota, Chevron, Dell, dan Denso Indonesia juga dapat diimplementasikan pada industri kecil seperti pada penelitian ini yaitu di industri karak tradisional namun dengan beberapa modifikasi pada tools yang digunakan agar mudah dipahami dan lebih fokus ke permasalahan yang dihadapi sehingga tindakan penyelesaian yang dilakukan dapat lebih tepat sasaran dan lebih efisien. Kata kunci: Toyota Business Practices, Fault Tree Analysis, Seven Tools xvi + 64 halaman; 45 gambar; 6 tabel Daftar Pustaka: 31 (1985-2015)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 10 May 2016 11:09
    Last Modified: 10 May 2016 11:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25812

    Actions (login required)

    View Item