AKSI SOSIALISASI THE INTERNATIONAL COMMITTEE OF THE RED CROSS DALAM UPAYA PENGGIATAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DI INDONESIA TAHUN 2011-2015

WAHAB, HAGGIE ARRANDA (2016) AKSI SOSIALISASI THE INTERNATIONAL COMMITTEE OF THE RED CROSS DALAM UPAYA PENGGIATAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DI INDONESIA TAHUN 2011-2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (186Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya pemberlakuan Hukum Humaniter Internasional (HHI) bagi perlindungan masyarakat sipil sebagai non-kombatan di Indonesia. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti dikarenakan the International Committee of the Red Cross (ICRC) merupakan pihak yang bertugas untuk melakukan penyebaran informasi mengenai HHI. Hal menarik lainnya adalah dimana ICRC dengan principle of voluntary service yang dimilikinya, tetap melakukan aksi sosialisasi walaupun Indonesia belum melakukan ratifikasi terhadap Protokol Tambahan Konvensi Jenewa 1977. Fokus penelitian ini adalah kegiatan sosialisasi HHI yang dilakukan ICRC dalam rentang waktu tahun 2011 hingga tahun 2015 di Indonesia terhadap pihak TNI, POLRI, pekerja media, dan kalangan akademis. Berdasarkan teori human security, disebutkan bahwa untuk mencapai human security diperlukan kerjasama yang baik antara negara, organisasi internasional, dan sektor-sektor pembangunan yang ada dalam negara tersebut. Dalam teori komunitas epistemik juga disebutkan bahwa negara membutuhkan kehadiran aktor lain dalam pelaksanaan tugasnya serta pembuatan keputusan. Penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif. Teori yang dijadikan sebagai acuan referensi dalam pengerjaan penelitian ini adalah teori human security berdasarkan pengertian yang dimuat dalam Human Development Report 1994 oleh United Nations Trust Fund for Human Security dan teori komunitas epistemik yang dikemukakan oleh Peter Haas. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan undang-undang sebagai data primer, sedangkan buku, artikel jurnal, dan berita, digunakan sebagai data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan library research. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data merujuk kepada Miles dan Huberman. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah ICRC membantu Indonesia dalam melakukan sosialisasi terhadap hukum humaniter internasional. Selain itu, ICRC sebagai komunitas epistemik bekerjasama dengan TNI, POLRI, kalangan akademis, dan pekerja media juga merupakan bentuk dari usaha mewujudkkan keberlangsungan human security.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JZ International relations
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 10 May 2016 10:57
    Last Modified: 10 May 2016 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25808

    Actions (login required)

    View Item