STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM “ANTI PEMADAMAN (ZERO TRIP FEEDER)” PT PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA DALAM MENGURANGI PEMADAMAN LISTRIK TAHUN 2014

Putri, Upik Adhita Sari Eka (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM “ANTI PEMADAMAN (ZERO TRIP FEEDER)” PT PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA DALAM MENGURANGI PEMADAMAN LISTRIK TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (459Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan tingginya jumlah pemadaman listrik di Kota Solo membuat para pelanggan PT. PLN (Persero) Area Surakarta merasakan kerugian. Banyaknya aktivitas yang terganggu karena pemadaman listrik membuat para pelanggan merasa terganggu akan pemadaman listrik yang sering terjadi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi komunikasi program Anti Pemadaman (Zero Trip Feeder) PT. PLN (Persero) Area Surakarta dalam Mengurangi Pemadaman tahun 2014. Hal ini dikarenakan Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang bisnis dan jasa , peran pelanggan sangatlah penting karena pelanggan merupakan aset jangka panjang yang panjang yang harus dijaga dengan baik Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan interview dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dan menggunakan teknik triangulasi data untuk validitas data. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan PT. PLN (Persero) Area Surakarta menjalankan lima program strategi komunikasi yaitu Tahap fact finding (Temuan Data) yang di gunakan adalah data tentang klasifikasi jumlah pelanggan PT PLN (Persero) Area Surakarta, jumlah pemadaman dan penyebab pemadaman serta data media massa yang ada di Kota Solo, Tahap Planning (Perencanaan) mengadakan talkshow di radio, penggunaan surat kabar, call center 123, Surat pemberitahuan gangguan dan Customer Service, Tahap communication and action yaitu secara rutin mengadakan talkshow di Radio, mengirim release ke surat kabar, pemberitahuan pemadaman melalui surat dan customer service. Humas yang dalam ini komunikator memberikan beberapa pesan berupa informasi ke pelanggan yakni komunikan tentang program terbaru PLN, Sosialisasi pemadaman, himbauan serta menanggapi keluhan pelanggan yang masuk melalui telepon. Pesan disampaikan dengan metode redundancy dan informative yakni bersifat berulang-ulang dan informasi yang diberikan merupakan merupakan fakta dan data yang nyata. Customer service dipakai PT PLN (Persero) Area Surakarta untuk dapat berkomunikasi kepada pelanggan secara face to face dan langsung agar pelanggan dapat langsung memperoleh jawaban yang diinginkan, Tahap monitoring and Evaluation dengan melakukan evaluasi talkshow dari masukan xv pelanggan selama acara berlangsung, kliping surat kabar, penyebaran angket dan sidang engginering. Kata kunci : Humas, Strategi Komunikasi, program Anti Pemadaman PT PLN (Persero) Area Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 09 May 2016 11:17
    Last Modified: 09 May 2016 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25780

    Actions (login required)

    View Item