PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mulyani, Septiya (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (738Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan motivasi belajar dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/ 2016. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus dilakukan empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Teknik analisis data adalah dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa. Hal ini didasarkan pada hasil observasi yang sudah dilakukan. Berdasarkan rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar pra siklus sebesar 29,43%, siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 28,12% menjadi 57,55% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 45,90% menjadi 75,33%. Kemudian rata-rata persentase hasil observasi kekatifan siswa pra siklus sebesar 14,93%, siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 43,36% menjadi 57,29% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 62,97% menjadi 77,90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/ 2016. Pelaksanaan model pemebelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa adalah pembelajaran yang memanfaatkan penomoran siswa dan diskusi kelompok untuk membuat siswa betrtanggung jawab atas kelompoknya. NHT memiliki empat sintaks yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, serta memberikan jawaban pertanyaan. Kata kunci: NHT, motivasi belajar, keaktifan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 09 May 2016 10:56
    Last Modified: 09 May 2016 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25778

    Actions (login required)

    View Item