IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Widodo, (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (587Kb) | Preview

    Abstract

    Widodo. IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pada setiap siklus dilakukan Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen yang telah digunakan oleh sekolah sehingga peneliti tidak melakukan validasi terhadap instrument yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif (prasiklus 58,33%, siklus I 83,33%, siklus II 91,67%), afektif (prasiklus 61,11%, siklus I 72,22%, siklus II 86,11%), psikomotorik (prasiklus 50,00%, siklus I 69,44%, siklus III 86,11%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Kata kunci: two stay two stray, kooperatif, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 06 May 2016 20:05
    Last Modified: 06 May 2016 20:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25751

    Actions (login required)

    View Item