Implementasi Modul Fisika Kelas XI SMA pada Materi Dinamika Getaran Menggunakan Aplikasi Spreadsheet Berbasis Empat Pilar Pendidikan

PRASETYO, DWI (2016) Implementasi Modul Fisika Kelas XI SMA pada Materi Dinamika Getaran Menggunakan Aplikasi Spreadsheet Berbasis Empat Pilar Pendidikan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (553Kb) | Preview

    Abstract

    Pengembangan modul fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan spreadhsheet excel pada materi Gerak Osilasi untuk siswa SMA kelas XI memenuhi kriteria sangat baik pada aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan. Hasil ini diperoleh dari validasi ahli, reviewer, dan peer reviewer. Pengembangan modul fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan spreadhsheet excel pada materi Gerak Osilasi SMA menunjukkan peningkatan nilai rerata validasi secara signifikan. Pada uji coba awal diperoleh nilai rerata aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan sebesar 70% dan pada uji coba utama diperoleh nilai rerata sebesar 83%. Penggunaan modul fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan spreadhsheet excel pada materi Gerak Osilasi SMA pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA N 1 Surakarta. Rerata kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan spreadhsheet excel pada materi Gerak Osilasi SMA lebih tinggi daripada pembelajaran sebelumnya oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan rerata kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 2 yang meningkatkan dari 70,39 dengan standar deviasi 9,455 menjadi 81,07 dengan standar deviasi 6,851. Melalui perhitungan rumus uji hipotesis, diperoleh nilai thitung sebesar 9,095 yang lebih tinggi dari nilai ttabel sebesar 1,697, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) diterima.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 05 May 2016 17:53
    Last Modified: 05 May 2016 17:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25730

    Actions (login required)

    View Item