Penerapan Discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan peserta didik kelas XI MIA 1 SMA MTA SUrakarta tahun pelajaran 2014/2015

UDIN, WAKHID NUR (2016) Penerapan Discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan peserta didik kelas XI MIA 1 SMA MTA SUrakarta tahun pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (509Kb) | Preview

    Abstract

    Wakhid Nur Udin. K4311083. PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI MIA 1 SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2015. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan peserta didik melalui penerapan discovery learning di Kelas XI MIA 1 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIA 1 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dalam tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan discovery learning meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan peserta didik. Keterampilan berargumentasi lisan peserta didik mengalami peningkatan secara fluktuatif. Keterampilan berargumentasi lisan peserta didik pada Pra-Siklus sebesar 2,27%, pada Siklus I sebesar 12,93%, pada Siklus II sebesar 16,05%, dan pada Siklus III sebesar 22,70%. Keterampilan berargumentasi lisan peserta didik pada akhir siklus mengalami peningkatan dari Pra-Siklus. Kesimpulan penelitian adalah penerapan discovery learning meningkatkan keterampilan berargumentasi lisan peserta didik di kelas XI MIA 1 SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : keterampilan berargumentasi lisan, discovery learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fifit puspitasar
    Date Deposited: 05 May 2016 17:29
    Last Modified: 05 May 2016 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25724

    Actions (login required)

    View Item