PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ristiyani, Linda Roseta (2016) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (655Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Linda Roseta Ristiyani. K8412042. PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sosiologi melalui penggunaan multimedia interaktif pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 40 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sosiologi siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus II. Proses pembelajaran pratindakan bersifat teacher-centered sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Pada pratindakan, dapat diperoleh skor keaktifan belajar siswa sebesar 59,2 pada siklus I sebesar 63,2 dan siklus II perolehan hasil capaian aspek keaktifan siswa sebesar 80. Untuk persentase sebesar 20% siswa aktif pada pratindakan, 40% siswa aktif pada siklus I, dan meningkat sebesar 90% siswa aktif pada siklus II. Pada pratindakan rata-rata kelas hasil belajar kelas sebesar 65,8. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 66,4, pada siklus II dengan mendapatkan rata-rata nilai yaitu, sebesar 91. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: multimedia interaktif, keaktifan, hasil belajar Sistem Upload Eprints Detail

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 04 May 2016 17:35
    Last Modified: 04 May 2016 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25704

    Actions (login required)

    View Item