Pemeriksaan perkara menggunakan sistem peradilan pidana anak dan pertimbangan hakim memutus pelaku tindak pidana narkotika (studi putusan nomor: 538/pid.sus-anak/2014/pn.dps)

RANI, JULIA (2016) Pemeriksaan perkara menggunakan sistem peradilan pidana anak dan pertimbangan hakim memutus pelaku tindak pidana narkotika (studi putusan nomor: 538/pid.sus-anak/2014/pn.dps). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (407Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pemeriksaan perkara tindak pidana narkotika oleh anak dengan ketentuan yang ada dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan kesesuaian pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Denpasar dalam menjatuhkan putusan dengan ketentuan dalam KUHAP. Ditinjau dari jenis penelitian hukum yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Jenis bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka. Dalam penulisan hukum ini penulis menggunakan analisis dengan metode deduktif silogisme yang berpangkal dari pengajuan premis mayor yaitu Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan premis minornya adalah fakta hukum dalam Putusan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor 538/Pid.Sus- Anak/2014/Pn.Dps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan perkara tindak pidana narkotika oleh anak dalam masa transisi telah sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Selain itu pertimbangan hakim dalam memutus perkara tersebut telah sesuai dengan ketentuan Pasal 115 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Kata Kunci: Pemeriksaan Perkara Anak, Pertimbangan Hakim, Narkotika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: khoirun nisa
    Date Deposited: 04 May 2016 17:07
    Last Modified: 04 May 2016 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25699

    Actions (login required)

    View Item