PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DISERTAI MODUL BELAJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

H, MUH SYARIF (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DISERTAI MODUL BELAJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KECERDASAN NATURALISTIK SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (126Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran guided discovery learning disertai modul berbasis inkuiri terbimbing terhadap kecerdasan naturalistik siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan post-test only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 sejumlah tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling method, dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, kelas VIIB sebagai kelas kontrol (menerapkan pembelajaran guided discovery learning) dan VIIC sebagai kelas eksperimen (menerapkan pembelajaran guided discovery learning disertai modul berbasis inkuiri terbimbing). Pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan naturalistik, dokumen sekolah dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengontrol keterlaksanaan sintaks pembelajaran guided discovery learning disertai modul berbasis inkuiri terbimbing, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data sekunder. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kecerdasan naturalistik siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda nyata. Nilai secara umum rata-rata kecerdasan naturalistik untuk kelompok eksperimen 52,174 dengan nilai aspek mengklasifikasi 2,63, memahami 2,43, mengenal 1,35 dan kelompok kontrol 40,310 dengan nilai aspek mengklasifikasi 2,30, memahami 1,94 dan mengenal 1,29. Berdasarkan hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning disertai modul berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kecerdasan naturalistik siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: guided discovery learning, modul belajar inkuiri terbimbing, kecerdasan naturalistik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 04 May 2016 13:08
    Last Modified: 04 May 2016 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25691

    Actions (login required)

    View Item