PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 JATISRONO TAHUN AJARAN 2014/2015

UTAMI, RINDA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 JATISRONO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (445Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rinda Utami.PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 JATISRONOTAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Oktober 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan, (1) kemampuan siswa dalam membaca puisi yang baik dan benar dan kualitas belajar siswa yang lebih baik dan fokus dengan menggunakan metode kooperatif model teams games tournament, (2) keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran membaca puisi dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas.Penelitian dilakukan dengan berkolaborasi antar peneliti, guru, dan siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatisrono. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) Observasi, (b) Wawancara, (c) Tes, dan (d) Dokumen. Prosedur penelitian dilakukan meliputi tahap: (a) Perencanaan Tindakan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi Tindakan, dan (d) Refleksi Tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif model temas games tournament dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi bagi siswa. Peningkatan kemampuan siswa dapat dilihat dengan meningkatnya, (1) kemampuan siswa dalam membaca puisi yang baik dan benar dan kualitas belajar siswa yang lebih baik dan fokus dengan menggunakan metode kooperatif model teams games tournament, (2) keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran membaca puisi dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan peningkatan hasil pembelajaran membaca puisi dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai nilai batas tuntas pembelajaran membaca puisi, yaitu: Pada siklus I siswa yang sudah mencapai batas tuntas adalah 10 siswa (31,25%), sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai batas tuntas adalah 13 siswa (40,62%), dan pada siklus III siswa yang sudah mencapai batas tuntas adalah 23 siswa (71,88%). Nilai proses pada Siklus I Minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran 31,25% (10 siswa).Keaktifan siswa dan memberi tanggapan dalam mengikuti pembelajaran 28,13% (9 siswa).Keaktifan Siswa dalam mengikuti Teams Games Turnament (TGT) 21,88% (7 siswa). Pada Siklus II Minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran 53,13% (17 siswa).Keaktifan siswa dan memberi tanggapan dalam mengikuti pembelajaran 50% (16 siswa).Keaktifan Siswa dalam mengikuti Teams Games Turnament (TGT) 53,13% (17 siswa). Pada Siklus III Minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran 71,88% (23 siswa).Keaktifan siswa dan memberi tanggapan dalam mengikuti pembelajaran 78,13% (25 siswa).Keaktifan Siswa dalam mengikuti Teams Games Turnament (TGT) 78,13% (25 siswa).Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif model Teams Games. Kata kunci: Membaca, Puisi, Metode Kooperatif, Teams Games Tournamen (TGT)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 May 2016 10:55
    Last Modified: 03 May 2016 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25679

    Actions (login required)

    View Item