STUDI EKSPERIMEN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN SUMBERDAYA ALAM KELAS XI DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2013/2014

DEWI, ROCHMAH KUSUMA (2016) STUDI EKSPERIMEN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN SUMBERDAYA ALAM KELAS XI DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (659Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rochmah Kusuma Dewi. STUDI EKSPERIMEN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN SUMBERDAYA ALAM KELAS XI DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together, model cooperative learning tipe Talking Stick, dan dengan metode Diskusi Kelompok. 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan siswa yang menggunakan cooperative learning tipe Talking Stick. 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan metode Diskusi Kelompok. 4) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe Talking Stick dengan metode Diskusi Kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat yang berjumlah 176 peserta didik dan sampel yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 103 peserta didik. Data diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi lapangan dengan menggunakan post test atau tes akhir. Sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Bahwa melalui uji Tabel Anava diperoleh thitung > ttabel yaitu 12.151 > 3.087maka H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05, artinya paling tidak ada salah satu metode belajar yang berbeda dari metode belajar lainnya. 2) Bahwa melalui uji Tukey diperoleh thitung > ttabel yaitu 21.029≤ 18.606 maka H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dengan siswa yang menggunakan Metode Diskusi Kelompok. 3) Bahwa melalui uji Tukey diperoleh thitung > ttabel yaitu 19.800 > 18.606maka H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dengan metode Diskusi Kelompok. 4) Bahwa melalui uji Tukey diperoleh thitung > ttabel yaitu 21.029 > 19.800 maka H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05, artinya ada tidaknya perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Talking Stick dengan metode pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together. Berdasarkan proses pembelajaran dari ketiga metode tersebut maka, metode pembelajaran pembelajaran cooperative learning tipe Talking Stick paling efektif untuk mempengaruhi hasil belajar peserta didik karena rerata post tes metode ini paling tinggi dengan hasil 84,11. Kata kunci: studi eksperimen, talking stick, numbered head together

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 May 2016 10:48
    Last Modified: 03 May 2016 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25678

    Actions (login required)

    View Item