Hubungan antara Learning Organization dan Keadilan Organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan PT GMF AeroAsia Tangerang.

, UNTARI (2016) Hubungan antara Learning Organization dan Keadilan Organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan PT GMF AeroAsia Tangerang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (94Kb) | Preview

    Abstract

    Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan perilaku individu yang tidak secara langsung atau eksplisit diakui oleh sistem reward, dan secara keseluruhan dapat mendukung fungsi efisien dan efektif organisasi. Perusahaan membutuhkan lingkungan positif untuk mendukung perilaku positif seperti OCB. mentransformasikan diri menjadi perusahaan dengan learning organization dan adanya keadilan organisasi merupakan dua faktor penting yang mungkin dapat membuat OCB timbul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara learning organization dan keadilan organisasi dengan OCB, hubungan antara learning organization dengan OCB, dan hubungan antara keadilan organisasi dengan OCB pada karyawan PT GMF AeroAsia Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah 1349 karyawan PT GMF AeroAsia Tangerang. Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian merupakan 200 karyawan yang berasal dari 8 unit dengan keseluruhan 12 unit yang ada di PT GMF AeroAsia Tangerang. Instrumen yang digunakan adalah skala OCB, skala learning organization, dan skala keadilan organisasi. Hasil analisis regresi berganda menunjukan nilai Fhitung sebesar 63,454 (> Ftabel) dengan p < 0,05. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,392 atau 39,2% dimana sumbangan efektif learning organization 37,61% dan sumbangan efektif keadilan organisasi sebesar 1,58%. Secara parsial terdapat hubungan antara learning organization dengan OCB, namun tidak terdapat hubungan antara keadilan organisasi dengan OCB. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada hubungan yang signfiikan antara learning organization dan keadilan organisasi secara bersama-sama pada OCB, ada hubungan antara learning organization dengan OCB, dan tidak ada hubungan antara keadilan organisasi dengan OCB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 May 2016 10:08
    Last Modified: 03 May 2016 10:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25674

    Actions (login required)

    View Item