MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Traveloka.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Travelling Di Kalangan Mahasiswa FISIP UNS Program Studi Ilmu Komunikasi Non-Reg Angkatan 2013 - 2015)

S, DANI ADITYA M (2016) MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Traveloka.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Travelling Di Kalangan Mahasiswa FISIP UNS Program Studi Ilmu Komunikasi Non-Reg Angkatan 2013 - 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (439Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dani Aditya Mahatma Sutardi, D1213024, MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Penggunaan Media Online Traveloka.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Travelling Di Kalangan Mahasiswa FISIP UNS Program Studi Ilmu Komunikasi Non-Reg Angkatan 2013 - 2015) Penggunaan media online muncul karena adanya motivasi dari individu untuk melakukan aktivitas penggunaan media online untuk mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapatkan kepuasan sehingga kebutuhannya terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas menggunakan media online Traveloka.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi travelling di kalangan mahasiswa FISIP UNS program studi Ilmu Komunikasi Non-Reg angkatan 2013 - 2015. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yang dapat menjelaskan hubungan ketiga variabel tersebut adalah Teori Uses and Gratifications dari Katz, Blumler & Gurevith. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode explanatory research. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode angket dengan menggunakan sampel 100% dari populasi yaitu sebesar 35 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik Survey. Berdasarkan temuan penelitian diketahui tingkat aktivitas penggunaan media online responden (62,8%) masuk kategori sedang. Sedangkan tingkat kepuasan pemenuhan kebutuhan di kalangan responden tergolong sedang (43%). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan, Terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas menggunakan media online Traveloka.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi travelling di kalangan mahasiswa FISIP UNS program studi Ilmu Komunikasi Non-Reg angkatan 2013 – 2015 dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 kurang dari α= 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,365 menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan positif yang lemah. Kata kunci : Media Online, Aktivitas Penggunaan Media Online, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 May 2016 09:49
    Last Modified: 03 May 2016 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25669

    Actions (login required)

    View Item