PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BEBAN TERHADAP KEKUATAN OTOT QUADRICEPS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Pemberian Latihan Quadricep Setting Exercise dan De lorme Pada Mahasiswa Stikes Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap )

SUBROTO, WISHNU (2016) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BEBAN TERHADAP KEKUATAN OTOT QUADRICEPS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Pemberian Latihan Quadricep Setting Exercise dan De lorme Pada Mahasiswa Stikes Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (217Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh pemberian latihan metode Quadricep Setting Exercisedan De Lorme terhadap peningkatan kekuatan otot Quadriceps, (2) Perbedaan peningkatan kekuatan otot Quadriceps pada laki laki dan perempuan, (3) interaksi antara perbedaan metode latihan dan perbedaan jenis kelamin terhadap peningkatan kekuatan otot Quadriceps. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan factorial 2 X 2. Sempel penelitian adalah mahasiswa Stikes Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap sebanyak 40 mahasiswa. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Variable bebas dalam peneltian ini adalah : (1) metode latihan sebagai variabel manipulatif, yaitu metode latihan dalam penelitian ini yaitu Quadriceps Setting Exercise dan metode De Lorme, (2) jenis kelamin. Variable terikat dalam peneltian ini adalah kekuatan otot Quadriceps. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes. Eksperimen dilakukan 3 kali seminggu, setiap pertemuan 120 menit, selama 24 kali pertemuan penelitian dilaksanakan di STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan bantuan program komputer SPSS. Untuk Uji normalitas data menggunakan uji Uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett taraf signifikansi alfa = 0.05. Untuk analisa data, subyek kemudian dibagi menjadi dua yaitu yang memiliki jenis kelamin laki laki (N=20) dan jenis kelamin perempuan (N=20) berdasar pada variabel kekuatan otot. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan QSE dan latihan delorme terhadap peningkatan kekuatan otot quadriceps,hal ini terbukti dari perolehan harga Fo =4,225 lebih besar dari Ftabel =4.08 dengan nilai probabilitas 0.026 lebih kecil dari 0.05, (2) Ada perbedaan peningkatan kekuatan otot quadricep yang signifikan antara laki laki dan perempuan,hal ini terbukti dari perolehan harga Fo=25.379 lebih besar dari Ftabel = 4.08 dengan nilai probabilitas 0.00 lebih kecil dari 0.05, (3)Tidak ada interaksi antara metode latihan dengan jenis kelamin terhadap peningkatan kekuatan otot quadriceps, halini terbukti dari perolehan Fo =1.698 lebih kecil dai Ftabel =4.08 atau nilai probabilitas sebesar 0.201 lebih besar dari 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode latihan beban de lorme lebih baik dari pada metode latihan quadricep setting exercise. Kata Kunci: Kekuatan otot, Metode De Lorme, Metode Quadriceps Setting Exercise

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 May 2016 09:40
    Last Modified: 03 May 2016 09:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25666

    Actions (login required)

    View Item