PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM KOTA SOLO TERHADAP PESAN MORAL YANG DISAMPAIKAN DALAM PROGRAM RELIGI KRISTEN GANG SENGGOL YANG DIPRODUKSI OLEH CBN INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Masyarakat Muslim Santri, Abangan, dan Radikal di Kota Solo)

SINDHUNATA, ANGGARA (2016) PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM KOTA SOLO TERHADAP PESAN MORAL YANG DISAMPAIKAN DALAM PROGRAM RELIGI KRISTEN GANG SENGGOL YANG DIPRODUKSI OLEH CBN INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Masyarakat Muslim Santri, Abangan, dan Radikal di Kota Solo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (878Kb) | Preview

    Abstract

    Program religi Kristen “Gang Senggol” produksi CBN Indonesia merupakan sebuah program religi yang berbeda dari program religi yang ditayangkan di televisi nasional Indonesia. Dikemas dengan jenaka dan santai membuat program “Gang Senggol” lebih mudah diterima oleh masyarakat dari kalangan selain agama Kristen. Umat Islam di Indonesia yang adalah mayoritas sangat berpotensi mengkonsumsi tayangan ini karena disiarkan media yang jangkauannya tidak bisa dibatasi. Kehidupan masyarakat Islam di kota Solo merupakan suatu kehidupan Islam yang unik. Berangkat dari kentalnya budaya Jawa sebagai dampak berdirinya Keraton Kasunanan di kota Solo, dilanjutkan dengan masuknya ajaran Islam yang kuat membuat kehadiran masyarakat Islam Santri dan Islam Abangan cukup menonjol. Kota Solo juga dikenal sebagai kota utama tempat berkembangnya Islam Radikal di Indonesia. Komposisi santri, abangan, dan radikal ini memunculkan sikap yang berbeda-beda terhadap program religi “Gang Senggol”. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Pengambilan sampel diambil dengan cara purposive sampling menurut tiga kelompok yang telah dibagi yaitu santri, abangan, dan radikal. Peneliti memilih sampel yang merupakan masyarakat biasa dan bukan pemuka pada masing-masing kelompok tersebut untuk mengetahui apa yang menjadi persepsi kalangan tersebut secara umum, bukan persepsi resmi yang dikemukakan pemukanya. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa secara umum persepsi masyarakat Islam di kota Solo yaitu kalangan santri dan abangan adalah persepsi yang positif terhadap program “Gang Senggol”. Sementara itu, persepsi masyaakat radikal di kota Solo terhadap program “Gang Senggol” ini merupakan persepsi yang negatif. Kata Kunci : Persepsi, komunikasi antar budaya, agama,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 May 2016 09:32
    Last Modified: 03 May 2016 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25663

    Actions (login required)

    View Item