Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman Untuk Meningkatkan Sikap Patriotisme Siswa MAN Yogyakarta III

N, ALIFI NUR PRASETIA (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman Untuk Meningkatkan Sikap Patriotisme Siswa MAN Yogyakarta III. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (272Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alifi Nur Prasetia Nugroho. S861408005. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman untuk Meningkatkan Sikap Patriotisme Siswa MAN Yogyakarta III. TESIS. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum.; 2) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Patriotisme dapat dibentuk melalui pembelajaran sejarah; namun, selama ini pembelajaran sejarah masih bersifat teoritis, sehingga kurang diminati siswa. Masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan media pembelajaran sejarah berupa komik digital. Komik digital disusun berdasarkan Perang Gerilya Jenderal Soedirman untuk meningkatkan sikap patriotisme siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui penggunaan media pembelajaran sejarah di MAN Yogyakarta III, (2) mengetahui pengembangan pembelajaran sejarah berbasis komik digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman untuk meningkatkan sikap patriotisme siswa. Penelitian pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Populasi penelitian ini adalah Siswa MAN Yogyakarta III dengan kelas XII IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara dan hasil tes; sedangkan uji efektivitas menggunakan Independent Sample T Test pada program SPSS 22. Hasil uji efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis komik digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman menunjukkan hasil yang baik dan signifikan. Hal tersebut berdasarkan hasil pada tes prestasi diperoleh nilai uji T 4,980>2,009 dengan signifikansi 0,000<0,05. Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komik digital dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi. Berdasarkan hasil tes sikap diperoleh nilai uji T 3,988>2,009 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap sikap patriotisme siswa. Demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital Perang Gerilya Jenderal Soedirman terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi dan sikap patriotisme pada siswa. Kata Kunci: Pengembangan Media, Komik Digital, Patriotisme. ABSTRACT Alifi Nur Prasetia Nugroho. S861408005. The Development of Historical Instructional Media Based on Digital Comic General Soedirman’s Guerilla Warfare to Improve Patriotism of student at MAN Yogyakarta III. THESIS. Supervisor: 1) Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum.; 2) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Master of History Education. Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University Surakarta. Patriotism could be formed through teaching of history. However, the teaching of history is still theoretical, so the students aren’t interested to study. Instructional media could help to overcome the problem by digital comic media development based on General Soedirman’s Guerilla Warfare in order to increase students’ patriotism. This research aimed to find out: (1) to know the use of media on historical subject at MAN Yogyakarta III; (2) to know the development instructional media based on digital comic of General Soedirman’s Guerilla Warfare; (3) to determine the effectiveness of using digital comic of General Soedirman’s Guerilla Warfare to increase students’ patriotism. This research use research and development (R&D) method which adapted with the design development ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). The study population was high school in MAN Yogyakarta III, which class of XII IPS 3 chosen as the experimental group and XII IPS 1 chosen as the control group. The instruments that used to collect the data were observation sheets, interview and test achievement. While the effectiveness of data was tested using Independent Sample T Test in SPSS 22. The test results of the effectiveness of digital comic based on General Soedirman’s Guerilla Warfare showed good results and significant. The T Test of achievement test result was 4,980>2,009 at significance level of 0.000>0.05. It means that using media can influence the student achievement. Based on T Test results, the effectiveness of patriotism had value of 3,988>2,009 at significance level of 0.000>0.05. It means that the media can influence students’ patriotism. So, the historical instructional media based on digital comic of General Soedirman’s Guerilla Warfare is effective for improving students’ achievement and patriotism. Keyword: Media Development, Digital Comic, Patriotism.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 May 2016 09:10
    Last Modified: 03 May 2016 09:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25659

    Actions (login required)

    View Item