Tempat Pembuangan AKhir (TPA) Kaliori sebagai WIsata Edukasi di Kabupaten Banyumas dengan Penekanan Desain pada Pengolahan Sekuen Ruang

SANTOSO, ASTYA JAYANTI KURNIA (2016) Tempat Pembuangan AKhir (TPA) Kaliori sebagai WIsata Edukasi di Kabupaten Banyumas dengan Penekanan Desain pada Pengolahan Sekuen Ruang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (328Kb) | Preview

    Abstract

    Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kaliori merupakan salah satu TPA di Kabupaten Banyumas dengan sistem sanitary landfill dimana terdapat sistem pengolahan sampah yang terencana. TPA Kaliori merupakan salah satu usaha pemerintah dalam perbaikan sistem pengolahan sampah di Indonesia. TPA Kaliori ini digagas menjadi wisata edukasi oleh bupati Banyumas periode 2013 – 2018, Ir. Ahmad Hussein. Wisata Edukasi di TPA kaliori ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi tentang sampah. Penyajian secara komutikatif berdasarkan urutan/sekuen menjadi kunci tersampaikannya informasi yang ingin diberikan. Persoalan desainnya adalah bagaimana perancangan fasilitas pengolahan sampah sekaligus sebagai wisata edukasi dengan berdasarkan urutan proses pengolahan sampah. Tujuan dari perancangan ini adalah mendapatkan desain TPA Kaliori yang mewadahi kegiatan pengolahan sampah serta kegiatan wisata edukasi dengan penekanan desain pada pengolahan sekuen ruang. Metode yang digunakan merupakan metoda perancangan arsitektur dengan penekanan pada sekuen ruang. Hasil yang diperoleh, yaitu desain TPA Kaliori sebagai fasilitas pengolahan sampah dan wisata edukasi dengan pengolahan desain pada sekuen ruang. Ruang-ruang dihubungkan oleh sirkulasi yang secara otomatis akan membimbing penggunanya untuk mengikuti sebuah urutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 02 May 2016 23:00
    Last Modified: 02 May 2016 23:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25657

    Actions (login required)

    View Item