HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SETYANI, RICKA INTAN (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ricka Intan Setyani. K8411062. HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA XI IPS SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Januari. 2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. (2) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. (3) Hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat. Sampel yang digunakan sejumlah 106 siswa diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,001. Jadi dapat dinyatakan bahwa korelasi signifikan, dengan hasil korelasi sebesar 0,305. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,000. Jadi dapat dinyatakan bahwa korelasi sangat signifikan, dengan hasil korelasi sebesar 0,413. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Fhitung (14,029) >Ftabel (3,08), dengan signifikansi <0,05, yaitu 0,000. Jadi dapat dinyatakan bahwa korelasi signifikan. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan relative variabel X1 dengan variabel Y sebesar 30,57%. Sumbangan relative variabel X2 dengan variabel Y sebesar 69,39%. Diperoleh sumbangan efektif variabel X1 dengan variabel Y sebesar 6,55%. Sumbangan efektif variabel X2 dengan variabel Y sebesar 14,85%. Kata kunci : Hasil Belajar Sosiologi, Media pembelajaran, Minat belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
Depositing User: khoirun nisa
Date Deposited: 02 May 2016 10:49
Last Modified: 02 May 2016 10:49
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25620

Actions (login required)

View Item