KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NAWA KARTIKA SELOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016

Dewi E, Mahmuddah (2016) KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NAWA KARTIKA SELOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (304Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin terhadap tata tertib sekolah melalui konseling kelompok dengan teknik self-management. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pra-eksperimen desain onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu lima siswa yang memiliki skor disiplin terhadap tata tertib sekolah rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen disiplin terhadap tata tertib sekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin terhadap tata tertib sekolah subjek penelitian mengalami kenaikan yang ditunjukkan dari mean sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) sebesar 59,2 sedangkan mean setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 83. Hal ini diperkuat dengan perolehan Z dari uji wilcoxon sebesar -2,060 dengan signifikansi sebesar 0,039. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan disiplin terhadap tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Nawa Kartika Selogiri tahun ajaran 2015/2016. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat disiplin terhadap tata tertib sekolah meningkat setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik selfmanagement. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan konseling kelompok. Kata kunci : disiplin, tata tertib sekolah, konseling kelompok, teknik selfmanagement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 01 May 2016 12:38
    Last Modified: 01 May 2016 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/25597

    Actions (login required)

    View Item